0

PROSES TERBENTUKNYA SALJU

Posted by Unknown on 7:41 PM in

Salju merupakan salah satu fenomena alam yang menarik saat musim dingin. Salju menjadi unik karena kristal - kristal es yang lembut dan putih.
Bagaimana proses terjadinya salju?
Berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer bumi, kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasai (temperatur dimana gas berubah bentuk menjadi cair/padat) kemudian menggumpal membentuk awan. Pada awal pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil dari massa udara. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan bergabung ke awan tersebut, massanya juga bertambah. Sehingga pada suatu ketika udara tidak sanggup menahannya. Awan tersebut pecah dan partikel air pun jatuh ku bumi.
Biasanya, temperatur udara tepat di bawah awan adalah nol derajat celcius. Tetapi, temperatur yang rendah saja belum cukup menciptakan salju. Saat partikel-partikel air murni bersentuhan dengan udara, maka air murni tersebut terkotori oleh partikel lain. Dimana partikel tertentu dapat mempercepat fase pembekuan, sehingga cepat menjadi kristal-kristal es.
Jika temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, maka kristal - kristal es jatuh ke tanah. Dan inilah yang disebut salju. Jadi, salju adalah kristal - kristal  es yang belum bisa dilelehkan oleh tempeatur udara. 

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Everything to Everyone All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.